Sunday, October 4, 2015

Mbak Fauzia yang Kekinian

Profile Interviewee: 

Fauzia

21 Tahun

Karyawan Swasta

Pengeluaran 500ribu/bulan






Sabtu sore di pinggiran lapangan Sempur, terlihat seorang wanita muda bermasker yang sedang duduk santai dan bercengkrama bersama anak kecil. Ia terlihat sesekali tertawa bersama bocah itu. Mbak Fauzia namanya. Ia bekerja sebagai karyawan swasta dan bedomisili di Bogor. Saat itu ia sedang menunggui kakaknya yang berjualan makanan ringan sambil bersantai.
Saat ditanya mengenai apa yang sedang dilakukannya, sambil sumringah ia menjawab "Emang aku biasanya nongkrong disini kalau engga di Lambada. Soalnya deket dari rumah". Memang benar bahwa mbak Fauzia sedang sambil membantu kakaknya berjualan di lapangan Sempur. Tapi baginya, membantu seperti ini sama rasanya seperti sedang bersantai juga.  Ketika ditanyakan mengapa memilih lapangan tersebut, jawabannya adalah kedekatan lapangan dari rumah dan juga tempat yang enak dipandang mata. Baginya kelebihan lapangan sempur itu,“Rame, seneng kalau rame-rame. Sini sering ada acara kayak event-event seperti Yamaha, minuman-minuman gitu. Tapi kalau musik ga boleh karena ini dekat kompleks. Disini khusus olahraga sih, tapi yang pacaran juga banyak." Ia mengaku sudah lama kenal lingkungan ini dan terbiasa untuk berada disini. 
Lebih dalam lagi, saya menanyakan mengenai beberapa hal tentang kota Bogor kepadanya. iapun menjawab ,"Bogor terkenal rindang, banyak pohon-pohonnya. Makanya ini dibikin taman-taman lagi. Biar makin adem”.
Bogorlah kota kelahirannya. tetapi baginya masih ada yang kurang ,"Fasilitasnya masih kurang. Cuma ada taman. Program pemerintahnya udah lumayan bagus. Kalau disini sekarang kebanyakan bukan wisata lagi tapi kuliner. Kayak sekarang lagi ada jajanan di BTM.” Ia mengakui bahwa ada perubahan yang terjadi di Bogor. Dulunya Bogor banyak wisata tetapi sekarang lebih ke kuliner sehingga saat meluangkan waktu, jatuhnya adalah leisure untuk kuliner.
Ketika ditanyakan mengenai sektor lain selain kuliner yaitu sektor perdanganan ia mulai bercerita tentang factory outlet dan beberapa tanggapannya ,"Bagus kalau misal ada orang belanja ke Bogor. Biar kekinian Bogornya." 


Membahas lebih lanjut mengenai leisure time. mbak Fauzia menjawab ,"Waktu senggang buat aku tuh sebenarnya cuma buat tidur. Soalnya kan capek dari Senin sampai Jumat kerja terus. Tapi kalau Sabtu-Minggu malah pergi maen.  Kayak kalau malam minggu pas ke sini (lapangan Sempur), jadi tidurnya pas minggu pagi.” Menutup wawancara ini, mbak Fauzia memberikan saran kepada kota Bogor, tempat leisure favorite-nya “Bogornya dibikin nyaman dulu aja. Kayak sampah gini dibersihin. Nanti juga kalau udah nyaman, Bogor kan masih gini-gini aja, kita bisa lebih baik lagi.”
Demikian wawancara singkat saya dengan mbak Fauzia. Iapun melanjutkan cengkrama dengan keponakan kecilnya.


N.B.: Check out my ig @rebeccavania for the video and don't forget to like this post!  ;)

Vania Hartanto 
vaniahartanto95@gmail.com 

No comments:

Post a Comment