Sunday, May 10, 2015

Terkenal Karena Maknyus

Hello fellow-foodies..

Selama beberapa waktu belakangan ini. Gue sering ngelihat di path kalau temen-temen gue sering banget check-in di satu tempat spesial penyet. Namanya Warung Bu Kris spesial penyet. Katanya sih ini penyetnya enak. Gue penasaran banget. Dari dulu pingin nyobain tapi ga tau tempatnya dimana. Sampai akhirnya ada temen gue yang kasi tau kalau lokasinya itu ternyata sebrangnya pasar modern BSD. NAH, berarti lumayan deket rumah tuh. Karena udah dapet lokasi petunjuk lain, yaitu sebelah restoran Bangi Kopitiam, langsung saja gue mengajak salah seorang temen gue, Kunyuk (bukan nama asli), untuk ikutan makan di Warung Bu Kris yang sering disingkat jadi WBK.

Gue sampai di restorannya itu sekitar jam 10.30. Dan WBK sendiri sepertinya baru buka gitu. Pas gue lagi masuk, pelayannya banyak yang lagi loading barang dan gue liat ayam yang diloading ampe berbaskom-baskom. Ampe gue sendiri mikir "Buset, ini sehari bisa abis berapa ekor ayam ya? Berarti laku banget ni tempat makan". Karena hal itu guepun makin penasaran dan ga sabar untuk mencoba makanannya. Setelah mendapatkan menu, gue langsung memesan beberapa makanan terkenalnya WBK dan yang uniknya disini, kalau mesen sambel tu bisa request apa mau tidak pedas, sedikit pedas, sedang, pedas, atau pedas banget. Nah ini dia pesanan gue:

1. Ayam Penyet - Sambel Pedes
Di sini ayamnya rasanya gurih dan daging ayamnya empuk, ga over-cook. Gue demen banget kalau restoran yang masak ayamnya bisa well-done karena kebanyakan tu banyak tempat makan yang masak ayam terlalu kematengan sehingga ayamnya jadi keras gitu dan terlalu chewy saat dikunyah. Untungnya di WBK engga. Untuk sambelnya sendiri, nendang uy pedasnya. Begitu dikunyah bersama dengan ayam dan nasi berasa banget pedasnya. Rasa sambelnya selain pedas ada campuran asam dari perasan jeruk nipis sama dikasi sedikit garam.

2. Bakso Penyet - Sambel Sedang
Untuk bakso, bisa dilihat digambar, dipotongnya mekar kayak bunga gitu. Baksonya pake bakso sapi biasa. Untuk rasa bakso standar aja. Berasa seperti membeli bakso yg banyak dijual di pasar. Tapi sambelnya yang bikin istimewa. Dibandingkan dengan sambel pedes tadi, gue lebih demen yang sedang. Yang ini memang sambelnya itu ga sepedas yang sambel pedas, tapi bukan itu alasan gue lebih demen yang ini. Tapi karena sambel yang ini lebih gurih rasanya. Selain diberi perasan jeruk nipis yang bikin rasanya ada sepet-sepet dikit, sambel ini dibumbui dengan garam yang banyak. Rasanya sebenarnya terlalu asin. Cuma karena gue orangnya emang demen yang asin, makanya ini sambel ngena banget di gue. Walaupun ampe berasa kebas lidahnya (sangking asinnya), tapi gue pingin makanin sambelnya terus.

3. Lele Penyet - Sambel Sedang
Untuk seporsi lele penyet, dikasi lelenya 2. Mungkin karena ukurannya yang cukup kecil. Dari rasanya sendiri, pembumbuan lelenya cukup oke sih. Karena lelenya ga bau amis which mean orangnya ngerendem lelenya dengan bumbu yang punya strong flavor. Untuk daging lelenya, cukup lembut tapi sedikit tawar rasanya. Dikarenakan pake sambel sedang yang notebene asin, jadi kombinasi yang cocok.

4. Tahu Goreng dan Telor Dadar
Rasa tahunya tawar dan kurang dibumbuin. Gue sebenarnya berekspektasi bahwa tahunya bisa lebih terbumbui gitu sih but the reality doesn't meet the expectation so it's quite disappointing. Begitu juga dengan telor dadarnya, berasa kurus banget itu telor dadar. Rasanya juga sangat standar. Mungkin ini seperti side-dish gitu dan karena itu rasanya tidak begitu menonjol.

5. Sayur Asem
Oh man. Ini nih kode keras banget. Warning untuk setiap yang mau pesen sayur asemnya. Rasanya hambar dan berasa kayak makan air rebusan dikasi sayur. Sayur dalam sayur asemnya sendiri tu cukup aneh karena ada kangkung. Banyangin aja, sejak kapan sayur asem tu ada kangkungnya!? Ya mungkin dari restonya sendiri ingin melakukan inovasi dengan menambahkan kangkung kedalam sayur asem tapi yang sulit ditoleransi adalah rasa dari sayur asemnya secara keseluruhan. Sorry to say, tapi ini nih salah satu menu yang perlu banget perbaikan resep. Bukannya gue tidak menghargai resepnya Bu Kris, tapi ini menu bisa menghancurkan reputasi tempat makan. Karena nurut gue, untuk tempat makan seperti ini, menu sayur asem tu cukup sering dipesan. Dan sayang banget kalau ampe customer ga mau dateng lagi atau men-cap tempat makan ga enak karena 1 menu yang cukup mengecewakan.

Well, bisa dibilang dari seluruh menu, memang mostly yang menu utamanya enak. Tapi sayangnya menu lainnya cukup mengecewakan. So kalau mau pergi ke WBK, pesannya menu utama aja. Lagian juga ada paket komplit gitu tapi berhubung gue ga mesan sini, jadi cuma bisa kasi beberapa review menu satuan aja.


Untuk harga sendiri, berkisar antara IDR 3.000 - 56.000. Seporsi ayam itu IDR 17.500 tanpa nasi. Variasi menunya banyak banget. Selain jual menu ayam, ikan lele gitu, ada juga bebek, paru, bandeng, lontong cap gomeh, dsb.

Lokasinya juga banyak kok. Karena gue berdomisili di BSD, jadi perginya di
Jl. Letjen Sutopo, Ruko Golden Madrid blok G unit 7, Giriloka - BSD.

Kalau di tempat lain ada di:
- Jl. Pluit Permai Raya no. 10
- Jl. RS Fatmawati Raya no. 37D
- Jl. Raya Boulevard Timur blok ZD no. 1, Don Bosco Center
- Jl. Raya Seroja Bekasi blok O-P no. 1 Sentra Kuliner Harapan Indah
- Jl. Meruya Ilir Raya blok GH no.1

So, that's all my review. Jangan lupa dilike dan comment below yaa..
See ya fellas!


Vania Hartanto
vaniahartanto95@gmail.com

2 comments:

  1. Baru tau saya, kalau ternyata ada juga yang namanya bakso penyet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata pelayannya ini salah satu menu favorite dari Warung Bu Kris ini. Hehehe.

      Delete