Thursday, April 30, 2015

Mudah Murah Banana Bunder

Haii guys.

Back again with another post, kali ini sesuai dengan perkataan gue dulu, selain gue suka ngerivew makanan, gue juga demen masak. Nah, kesempatan kali ini, gue akan membeberkan resep masak simple, easy and delicious snack. Resep ini comes up without any preparation. Ceritanya kemaren ini nyokap gue buat pisang kukus. Nah karena gue kurang suka pisang yang cuma dikukus tok gitu, akhirnya gue modif sendiri. NOTED, tanpa resep dan takaran tertentu. It is a free recipe. Gue emang orangnya demen eksperimen dan thank God, belum ada eksperimen yang gagal. (Rada sombong dikit boleh lah.. hahaha)

So, resep dibawah ini gue namain Banana Bunder. Alesannya, resep ini terbuat dari pisang dan bentuknya bulet bunder gitu. Hihi.

Bahan-bahan yang diperlukan (untuk porsi 5 buah):
2 buah pisang kepok (bisa direbus dulu atau langsung pake pisang mentahnya)
Plastik bening makanan
Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:
1 Butir telur bagian putihnya saja
Tepung panir atau tepung roti secukupnya

Bahan pelengkap:
Susu kental manis coklat
Gula yang dicampur bubuk kayu manis, biasa dikenal sebagai cinnamon sugar (ini optional)

Cara masak:
1. Rebus pisang selama kurang lebih 10 menit


2. Kupas pisang, lalu letakkan di dalam sebuah mangkok.


  3. Lumatkan pisang, tetapi jangan sampai terlalu benyek.


4. Siapkan plastik makanan, lalu ambil sesendok pisang dan dibentuk menjadi bulat.


5. Pisang yang telah berbentuk bulat dicelupkan ke putih telur.


6. Setelah itu gulingkan ke tepung panir atau tepung roti sampai terbalut seluruh bagiannya. Sisihkan.

 7. Panaskan minyak. Setelah itu masukkan adonan pisang yang telah terbalut tepung.


8. Setelah berwarna kuning kecoklatan, tiriskan pisang. Lalu sisihkan di piring saji.

9. Hias atau lengkapi dengan susu coklat dan cinnamon sugar (disini gue lagi keabisan cinnamon sugar jadi cuma pake susu kental manis coklat).


So, it's really simple right?
Not to praise my ownself, ini pisang enak beudh uy. Karenaa pisang kepok itu emang pada dasarnya udah manis. Makanya pas gue bikin adonan buletnya, gue ga menambahkan gula lagi ataupun tambahin tepung terigu karena pada dasarnya pisang itu udah lengket dan padat. Tepung panir sendiri berguna sebagai pelapis supaya pas dikunyah ada tekstur crunchy in the outsidenya itu.

Nah sekarang untuk rasa, pisangnya kan udah cukup manis, tekstur luarnya juga crispy. Siraman susu kental manis coklatnya bikin rasanya makin enak. Cocok banget sebagai pelengkap. Kalau mau lebih oke lagi, bisa dikasi cinnamon sugar ataupun keju parut sebagai topping.
Sekarang, gue tantang kalian buat bikin ini Banana Bunder. Jangan lupa comment di bawah kalau ada pertanyaan dan lainnya ya. Hehe.

See you in other post!


Vania Hartanto
vaniahartanto95@gmail.com

No comments:

Post a Comment